Kesalahan Besar Jualan Online

Bukan maksud ingin menggurui anda ya bos, tulisan ini sengaja saya buat sebagai area berbagi kepada anda yang mungkin masih belum bisa menerima kenyataan bahwa setiap manusia itu punya bidang sendiri-sendiri dan punya rejeki sendiri-sendiri, di mana jarang sekali kita sadari bahwa jika kita tak bisa instrupeksi diri maka kita bisa bunuh diri dan bisnis yang kita jalankan ikut-ikutan mati. Sruput kopinya bos… tulisan ini agak menusuk hati, tapi percayalah saya menulis ini benar-benar dari hati sanubari… dengan harapan , siapapun yang baca tulisanku ini dia merasa beruntung karena sudah pernah saya ingatkan lewat tulisan ini. Oke siap jantung anda, karena sedikit banyak mungkin berlawanan dengan logika anda.

five bulb lights
Photo by Rodolfo Clix on Pexels.com

Ceritanya begini, entah sudah berapa tahun saya menekuni dunia blogging dan selama itupula mungkin saya termasuk tipe blogger yang ogah banyak keluarin modal walau hanya untuk membeli domain setingkat web.id atau my.id. Karena pada dasarnya saat itu saya itu memang benar benar ogah ngeluarin duit, dengan alasan kalau bisa pakai yang gratisan mengapa harus mengeluarkan uang. Bertahun-tahun prinsip itu saya pegang, bahkan sampai saya buka jasa website saja pakai layanan gratis milik blogspot. Edan to ?. Jika bukan jasa blog saja pakai blogspot bagaimana jika saya mengembangkan bisnis lainya seperti adsense misalnya . Lebih parah lagi, jujur saja nih saya punya hampir 30 blogspot yang khusus untuk berburu receh adsense. Apakah bisa menghasilkan dengan hanya pakai adsense ? Tentu bisa, nyatanya sampai bertahan sampai sekarang .

Tapi tahukah anda, ternyata apa yang saya lakukan selama ini itu salah besar bosku…. salaaaah banget . Okelah mungkin saya gak mengeluarkan biaya apa-apa untuk membuat blog, hosting gratisan, template gratisan, bahkan ada sebagian artikel juga hasil copasan, pokoknya parah bin banget. Hingga akhirnya saya sadar setelah tahu bahwa ada peluang yang lebih besar dari sekedar membuat tulisan dan berharap dapat bayaran dari mereka yang ngeklik iklan. Apakah itu ? Jualan produk sendiri, iya anda gak salah baca, ternyata menjual produk sendiri itu lebih menguntungkan dari sekedar menggantungankan pendapatan dari iklan adsense sekalipun, yang katanya lebih besar di bandingkan lainya.

Sehari dua hari sampai bertahun-tahun saya mencari jawaban, apa yang salah dengan kegiatan ngeblog saya ? pendapatan cuma segitu-gitu saja, lama-lama gak bakal cukup. Singkat cerita akhirnya saya mencoba untuk mengeluarkan sedikit modal , saya sewa hosting, beli template bahkan sampai beli artikel. Ternyata hasilnya ada peningkatan, saya coba lagi belanja iklan dan hasilnya makin meningkat. Dari sini saya sadar, bahwa otodidak itu bagus tapi kurang efektif. Rasanya mending saya kembali lagi kemasa lalu dan belajar bisnis online kepada seorang guru mungkin lebih cepat, jika di bandingkan saya browsang brosing gak jelas. Parahnya lagi gara-gara ototdidak yang berlebihan di tambah mental pelit gak mau modal dampaknya buruk sekali di pribadi saya. Padahal jika saja saya mau sadar bahwa setiap orang punya kelebihan masing-masing mungkin saya tidak segan untuk bayar orang buatkan desain blog, beli hosting dan domain bahkan belanja iklan. Toh yang penting masih ada hasil yang bisa saya dapatkan.

Kesimpulanya : Jika anda ingin bisnisnya lancar jaya entah bisnis apa saja, terutama yang berhubungan dengan internet yang harus anda wanti wanti adalah:

  1. Jangan berlama-lama di dunia website, jika anda punya uang lebih baik anda bayar jasa pembuat website saja, karena dunia website itu rumit susah dan habisin waktu tenaga serta pikiran tapi kurang menghasilkan. Dari pada anda mikir bagaimana buat website mending anda mikir bagaimana jualan anda laku keras hingga cukup untuk bayar pembuat website.
  2. Jangan pelit sama usaha sendiri, jika demi usaha maju anda harus keluarkan biaya buat website maka lakukanlah, jangan pernah merasa kehilangan apalagi rugi gara gara beli fasilitas bisnis anda yang hasilnya toh juga untuk anda. Semahal apapun website yang anda pesan jika memang mendatangkan keuntungan maka bayarlah. Anda gak perlu lagi mikir bagaimana menghemat biaya.Percuma , walaupun hemat kalau gak menghasilkan juga buat apa.

Demikianlah pengalaman yang saya alami . Alhamdulillah sekarang bisnis saya lancar, pendapatan dari iklan juga lumayan, jasa website juga selalu ada orderan. Rejeki punya jalanya sendiri, setiap manusia punya kelebihan sendiri. Jangan segan membayar mereka yang memang punya keahlian yang kita bisa, percayalah Allah akan mengganti biaya yang anda bayarkan kepada mereka . Ini real pengalaman pribadi.

Sewa hosting dan domain gak habisin gajian adsense saya satu bulan, beli template premium juga gak habisin laba jualan produk afiliasi saya, Ini fakta loh bosku

%d blogger menyukai ini: